Batako VS Bata Merah VS Bata Ringan

Rasanya blog saya ini makin absurd ya isinya, mulai dari urusan duit, kuliner, sampe sekarang saya menyinggung bangunan :D. Gapapa deh ya, biar reader pengetahuannya makin luas (*sok*). Berawal dari saya lihat-lihat rumah di Surabaya, ada 3 cluster yang menggunakan bahan dasar yang berbeda-beda. Nah, yang dibahas sekarang adalah bahan dasar pembuatan dinding untuk suatu bangunan.

Dalam dunia konstruksi, kita mengenal batako, bata merah, dan bata ringan. Harga rumah tiap cluster pun berbeda, yang paling murah pake batako, trus tengah-tengah pake bata merah, dan cluster paling mahal pake bata ringan. Mengapa demikian sodara-sodara? Mari kita bahas lebih lanjut! :)

BATAKO PUTIH (TRAS)

  • Batako putih dibuat dari campuran tras, batu kapur, dan air. Campuran tersebut dicetak, lalu dibakar. Tras merupakan jenis tanah berwarna putih / putih kecoklatan yang berasal dari pelapukan batu-batu gunung berapi.
  • Umumnya memiliki ukuran panjang 25-30 cm, tebal 8-10 cm, dan tinggi 14-18 cm.
  • Untuk dinding seluas 1 m2, kira-kira membutuhkan:
  • Batako tras = 25 buah
  • Semen = 0,215 sak
  • Pasir ayak (pasir pasang) = 0,025 m3
  • Kelebihan dinding batako putih:
    1. Pemasangan relatif lebih cepat.
    2. Harga relatif murah.
  • Kekurangan dinding batako putih:
    1. Rapuh dan mudah pecah.
    2. Menyerap air sehingga dapat menyebabkan tembok lembab.
    3. Dinding mudah retak.
    4. Penggunaan rangka beton pengaku relatif lebih banyak, antara 7,5-9 m2.

BATAKO SEMEN PC / BATAKO PRES

  • Batako pres dibuat dari campuran semen PC dan pasir atau abu batu.
  • Ada yang dibuat secara manual (menggunakan tangan), ada juga yang menggunakan mesin. Perbedaannya bisa dilihat pada kepadatan permukaan batakonya.
  • Umumnya memiliki ukuran panjang 36-40 cm, tebal 8–10 cm, dan tinggi 18-20 cm.
  • Untuk dinding seluas 1 m2, kira-kira membutuhkan:
    1. Batako pres = 15 buah
    2. Semen PC = 0,125 sak
    3. Pasir ayak (pasir pasang} = 0,015 m3
  • Kelebihan dinding batako pres:
    1. Kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air.
    2. Pemasangan lebih cepat.
    3. Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9 – 12 m2.
  • Kekurangan dinding batako pres:
    1. Harga relatif lebih mahal dibanding batako tras.
    2. Mudah terjadi retak rambut pada dinding.
    3. Mudah dilubangi karena terdapat lubang pada bagian sisi dalamnya

BATATON

Salah satu bentuk bataton.

Bataton terbuat dari campuran semen, agregat, pasir, kerikil, air dan bahan khusus lain. Bahan-bahan ini dicetak dalam berbagai bentuk yang kemudian disebuat sebagai bataton. Bentuk-bentuk bataton ini menyisakan rongga pada bagian dalamnya.Rongganya bisa diisi baja untuk tiang kolom, juga bisa sebagai jalur pipa air dan kabel listrik.

Banyak pilihan bentuk bataton yang diproduksi oleh Holcim ini. Sebut saja blok beton berprofil H untuk dinding, bataton profil U untuk balok pengikat fondasi (sloof ), dan balok pengaku (ringbalk ), serta bataton bentuk kolom. Sedangkan bataton balok, rooster , dan lengkung menjadi material pendukung elemen rumah.

Rongga pada bataton dapat berperan juga sebagai isolator panas. Rongga tersebut dapat menangkap rambatan radiasi panas pada dinding akibat terpapar terik matahari. Dengan begitu, suhu radiasi panas pada dinding tak seluruhnya merembes sampai ke dalam ruangan.
Daya tarik lain dari bataton adalah proses konstruksinya lebih ekonomis jika dibandingkan bata merah. Contohnya pembuatan dinding bata merah yang memerlukan bingkai struktur (kolom praktis, sloof , dan ringbalk ), yang harus menggunakan cetakan (bekisting ). Selain menunggu masa keras beton, bekisting pada bingkai struktur dinding tadi harus dilepas. Untuk pemasangannya, minimal satu hari, dicor, besok dilepas, baru dipasang lagi. Kalau pakai blok beton cukup dalam satu hari, dapat diisi tulangan besi, lalu bisa ditaruh pada atasnya. Tidak perlu menggunakan bekisting. Jadi hemat kayu, waktu dan tenaga. Konstruksi jadi lebih ekonomis.

BATU BATA MERAH 

  • Batu bata merah dibuat dari tanah liat yang dicetak, kemudian dibakar. Tidak semua tanah lihat bisa digunakan. Hanya yang terdiri dari kandungan pasir tertentu.
  • Umumnya memiliki ukuran: panjang 17-23 cm, lebar 7-11 cm, tebal 3-5 cm.
  • Berat rata-rata 3 kg/biji (tergantung merek dan daerah asal pembuatannya).
  • Bahan baku yang dibutuhkan untuk pasangan dinding bata merah adalah semen dan pasir ayakan. Untuk dinding kedap air diperlukan campuran 1:2 atau 1:3 (artinya, 1 takaran semen dipadu dengan 3 takaran pasir yang sudah diayak). Untuk dinding yang tidak harus kedap air, dapat digunakan perbandingan 1:4 hingga 1:6.
  • Kelebihan dinding bata merah:
    1. Kedap air, sehingga jarang terjadi rembesan pada tembol akibat air hujan.
    2. Keretakan relatif jarang terjadi.
    3. Kuat dan tahan lama.
    4. Penggunanaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9-12 m2.
  • Kekurangan dinding bata merah:
    1. Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan batako dan bahan dinding lainnya.
    2. Biaya lebih tinggi.

BATA RINGAN

  • Bata hebel dibuat dengan mesin di pabrik. Bata ini cukup ringan, halus, dan memiliki tingkat kerataan yang baik.
  • Bisa langsung diberi aci tanpa harus diplester terlebih dulu, dengan menggunakan semen khusus. Bahan dasar acian/semen tersebut adalah pasir silika, semen, filler, dan zat aditif. Untuk menggunakannya, semen ini hanya dicampur dengan air. Tetapi bisa juga menggunakan bahan seperti pemasangan batako.
  • Umumnya memiliki ukuran 60 cm x 20 cm dengan ketebalan 8–10 cm.
  • Untuk dinding seluas 1 m2, kira-kira membutuhkan:
    1. Bata hebel/celcon = 8 buah
    2. Semen instan = 11,43 kg
    3. Air = 0,15–0,16 liter
  • Kelebihan dinding bata hebel/celcon:
    1. Kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air.
    2. Pemasangan lebih cepat.
    3. Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9–12.
    4. Ringan, tahan api, dan mempunyai kekedapan suara yang baik.
  • Kekurangan dinding bata hebel/celcon:
    1. Harga relative lebih mahal.
    2. Tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini.
    3. Hanya toko material besar yang menjual dan penjualannya dalam jumlah m3.

Dari penjelasan puanjaaang di atas, jadi pada mau pilih rumah yang gimana? Pakai batako? Bata Merah? Atau Bata Ringan? Tambahan quote dari fordis nih :

Dari segi cost (murah ke mahal) : Batako-Bata-Bata Ringan

Dari segi ketersediaan barang : umumnya Batako dan Bata yang lebih bnyk dijumpai

Dari Segi kemudahan :

  • Pake Bata Ringan, penggunaan semen+Pasir lebih sedikit, krn permukaan bata ringan sudah lebih halus drpd bata dan batako
  • Bata dan Batako, penggunaan semen+pasir lebih banyak, krn plasternya hrs tebel.

Dari segi Kekuatan :
Bata Ringan rasanya paling kuat

Dari segi Berat : paling ringan Bata ringan
Dari segi kecepatan konstruksi : penggunaan bata ringan lebih cepat , bisa hemat bayar tukang juga

Masih bingung? Makanya ditimbang-timbang dulu, terutama perkara duitnya, hahaha. Yang penting dari suatu rumah bukan kemegahannya, namun bagaimana penghuninya membuat rumah itu “indah” -tsaaaahhh- :D  See ya on my next post! ^_^

Sumber : 

  1. http://blog-the-conference.blogspot.com/2009/04/batako-vs-bata-merah.html
  2. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5083685
About these ads

About dinipus

a big, big, big dreamer

Posted on January 27, 2012, in Knowledge. Bookmark the permalink. 64 Comments.

  1. hueheheheh akhirnya merambah ke dunia bangunan din? :D

  2. Thank keterangganxa buat perbandinhan q ?tambah pusing q?he he

  3. tolong donk minta info bikin bata ringan yg bs dikerjakan manual…….thx

  4. rizal ganteng

    SIP. EMANG ENAK PAKAI BATA RINGAN YAH, TAPI UTK PLESTERANNYA BISA TEBAL NGAK YAH, KARENA KALO TIPIS KUATIR MEREMBES

    • setahu saya, bata ringan cukup kuat menahan rembesan daripada batako, namun apakah plesteran bisa tebal atau tidak saya kurang tahu, hehe, maaf ya.. makasih sudah mampir di blog saya :)

      • Maaf sy koreksi, bata ringgan paling mudah menyerap air oleh karena itu utk dinding bagian luar yg bersentuhan langsung dg alam terbuka pengerjaan plester&acinya harus lebih baik campurannya (saran 1Pc : 3Ps) & harus di lapisi dg waterprofing. Kekurangan bata ringgan mudah menyerap air, kekuatannya dibawah bata merah, harga mahal, bila dipasang viser/dinabol seperti utk dudukan AC tdk bisa kuat/kencang, dr segi keamanan kurang baik karena mudah di gergaji/di kerok.

      • Wah, gitu ya mas? sejauh ini rumah yg saya tempati (menggunakan bata ringan) tdk ada masalah spti yg Anda kemukakan. Malah justru rumah saya yg sebelumny pake batako justru yg mengalami rembes kalo hujan, pdhl sudah pakai cat outdoor yg waterproof. Tapi terima kasih atas pandangannya. :)

  5. harganya berapa ya mbak untuk bataton? bisa dapetnya di mana ya?

  6. kyknya ada lg yg lebih kuat,lebih murah,dan lebih tahan lama. batu bata putih dari tuban mbak.

    • oh iya ya? yang dari kapur itu ya pak? saya belum pernah tahu langsung bagaimana performanya, memang banyak yang memakai bata putih di daerah pantura. terima kasih untuk tambahannya :)

  7. setelah jadi mana yang lebih mahal per m2 nya.

    • kalo dilihat secara kasar mungkin yg paling mahal bata ringan, tapi kalo dihitung2 secara detail bata ringan & bata merah hampir sama biayanya, karena bata ringan mskpun lebih mahal tapi kebutuhan semen lebih sedikit daripada bata merah. kira2 demikian pak.

  8. Prima Rang Putra Syawir

    benar-benar wanita cantik yg ulet, agresif so pasti kreatif juga n unik, apalagi masih bisa senang pada hal-hal yang seharusnya disenangi para laki-laki……. Trims infonya ya mba’

  9. Nice share…, ijin cuplik untuk situs saya..
    btw untuk yang butuh bata merah…, silakan kunjungi website saya.

    spesialis bata merah

    http://Bataijo.com

    PESAN-KIRIM-BAYAR

  10. sebagai profesional, tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari setiap bahan yang kita pasang, jadi kembali ke konsumennya masing2. namun berdasarkan pengalaman yang kita sudah lakukan ternyata bata ringan lebih unggul baik dari segi kualitas maupun dari segi biaya. info hub. 085717616666 – 08122040766

  11. Saya mauu bertanyaa kaloo untuk bataton pemasaran yang paling bagus dimana ?
    Dan rata rata hargaa dari semua bata berapa ?

  12. maaf ya bpk/ibu numpang lewat, YANG butuh MESIN CETAK BATA MERAH harga nego hub kami 081311587893-081911104726 atau kunjungi blog http://batamer.blogspot.com & http:tanahbanten.blogspot.com

  13. Kalo kelebihan dan kekurangan bataton holcim apaa yaa mbak,, rencana sih Mau renov tapii binggungg antara bata merah atau bataton,, trims mbak atas jawabannya ,,
    Salam kenal

  14. mantab sbg referensi mau renov home sweet home

  15. Harga bata ringan saat ini berapa

  16. Cari yang murah dan cepat ,tipe sederhana untuk bngun sendiri (lajang) ooo bingung nie..gimana solusinya

  17. MAKASIH ATAS SOLUSIY MAS BROO..SAYA SIAP BERALIH K PRODUK BATA RINGAN ANDA

  18. nice blog.. beberapa aku copas buat di blog ku ttg bata..

    http://www.pintusatu.com

  19. Sebenarnya antara bata merah, bataton (kalau di industri dikenal concblock), batako dan bata ringan masing2 mempunyai peruntukan masing2. Contoh, untuk bangunan perumahan/t4 tinggal ada baiknya menggunakan bata merah atau bata ringan, knp gak batako n bataton krn batako gampang retak dan bataton konstruksinya mahal. Namun untuk bangunan industri paling cocok bataton bila ditinjau dr segi strenghtnya. Anyway. Jika dilihat dr cost sebenarnya yg paling menguntungkan/cost lebih murah menggunakan bata merah, kenapa?. (bata merah 50x100x200 harganya sekitar Rp350-Rp450 untuk /m2 membutuhkan _+ 70 buah (pas.1/2) dalam artian hanya Rp.24500/m2, plasteran sekitar 25000/m2 (1.5cm thk) ongkos sekitar 17000/m2 jika dototal hanya sekitar Rp.66500/m2 dr pda menggunakan hebel yg harga material 675rb-860rb /m3 atau sekitar 121000/m2.Dan bata merah mudah diperoleh, gampang pembuatannya dan gak perlu tukang khusus untuk membangunnya. Namun, perlu disadari bahwa kualitas material bata merah merah saat ini bisa sy katakan jelek, salah satunya mudah pecah, lama pembakarannya kurang krn mengejar target produksi. Bangunan zaman Belanda era 1890an semua menggunakan bata merah dan bisa saja masih ada yg bertahan hingga saat ini. Namun, untuk segi estetika dan keindahan bata expose pasti akan lebih baik menggunakan bata ringan tp butuh tukang khusus dan sy jamin upahnya pasti mahal pula.

  20. wow saya tertarik tuh…..

  21. Hemmm Ada yang baru nih, Namanya Bata Cor, Ramah lingkungan (salah satu bahannya dari limbah yang tidak bisa terdegradasi alam), pemasangan mudah sembarang tukang bisa memasang, Lebih kuat dari Bata merah, tapi sama ringan. Lebih cepat pemasangan dari bata merah. Harga sedikit lebih mahal dari bata merah tapi jika ditotal pengerjaan dinding jatuhnya sama atau lebih murah. tanpa plester. Penasaran?
    Call me Don 081252068099.

    Mbak dinipus, numpang iklan :-)

  22. Informasi lengkap mengenai Bata Ringan tipe CLC dapat ditemukan di http://bataringan.co.id

    Trims.

  23. oooh pantas saja saat ini hampir setiap melihat pembangunan rumah hampir selalu menemui bata ringan, ternyata ini toh keunggulannya. :D

  24. liat dari resultnya kayanya lebih mumpuni bata ringan deh… thx yah atas sharenya…

  25. thanks info….aku juga kutip tulisannya………tapi klo mo cari bata ringan type AAC : Citicon, GE, Focon, SB Con, Hub. CV. Tiga Mitra 081231313222

  26. Makasih mba infonya lengkap banget, sudah coba panel bangunan belum? http://mpanelindonesia.com mungkin mba bs tambahin ulasannya tuh mba.. hehe..

  27. jd kalau mau membuat rumah yg paling kuat dan tahan lama bata yang mana?

  28. Harga Batako per bijinya berapa ? dan per meter butuh berapa Batako ?

  29. gak salah tuh koefisien nya????????

  30. perbadingan penggunaan tukang antar jenis bata bagaimana? misal dengan bata merah diperlukan waktu 53 hari maka berapa hari diperlukan untuk mengerjakan batako dengan jumlah tukang yang sama

  31. Cukup membantu terimakasih

  32. Harga semen khusus untuk bata ringan berapa skrg? saya mau bikin dinding kira” 40 m2, harus itung”an dulu nih…..takut macet ditengah jalan, hehehehe

  33. makasih mas infonya……
    dari kemarin bolak balik nyari info ini akhirnya ketemu juga

  34. Sofyan Efendi

    Intinya batako ma bata dari segi kualitasnya bagusan bata kan ??

  35. percaya aj ma gusdur…..giituu aj kok repot

  36. makasih mba infonya, tapi untuk saya yang dilombok susah mendapatkannya ada ga ya distribnya kelombok ??

  37. mana lebih baik…bata ringan atau bata interlock ?

  38. butuh bata ringan hub fadlan :085262605040

  39. butuh bata ringan?
    Jual bata ringan SB Con
    SB Con adalah pabrik bata ringan AAC terbesar di Jawa Tengah
    contact me 08122 9541621 / 0858 75535453 pin BB 74c9ee82

  40. Admin ijin promo

    MULTICON Bata Ringan

    Tersedia ukuran :

    7,5cm x 20cm x 60cm (111pcs/m3)
    10cm x 20cm x 60cm (83pcs/m3)

    Keunggulan menggunakan MULTICON Bata Ringan :

    1. Hemat waktu dan biaya
    2. Tahan api dan cuaca
    3. Kedap suara
    4. Kuat
    5. Mampu menahan panas
    6. Ramah lingkungan

    Informasi : 0896 9705 7880 / 76BCF599

    http://solusi-shop.blogspot.com/p/mu.html

  41. Salam kenal,bagi rekan2.kami mau menawrkan berbagai batu kapur diantaranya kaolin,felsapar.dolomkaloin.dolomite.ziolit,kalsit,felspar.dll.prodok kami sdh berbentuk powder.untuk berbagai campuran bahan pembuatan bata ringan.keramik,cat.dlluntuk harga kami jamin .karna kami pertambangan langsung prodoksi.untuk info lanjut hub.085290089233/08175750078.demikian trims sebelumnya.

  1. Pingback: HMTS UII

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 337 other followers

%d bloggers like this: