Profesi Yang Susah Dapet KPR (?)

Tiba-tiba keinget pernah baca twit nya mas @Mohammad_Teguh tentang KPR syariah, trus di arahkan juga kalo mau tau tentang KPR secara umum yang juga dibahas oleh @mrtampi. Saat itu saya concern ke beberapa profesi yang dihindari bank untuk diberikan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Seperti yang pada umumnya kita ketahui, KPR merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan bank kepada masyarakat untuk membayar rumah/apartemen dan kemudian kita mencicilnya dalam kurun waktu tertentu (5, 10, 15, hingga 20 tahun).

http://bit.ly/tlLtCN

Karena bank cenderung meminjamkan uang cukup besar untuk properti, maka ada banyak syarat yang harus dipenuhi oleh debitur. Salah satu yang jadi concern bank adalah masalah profesi yang ternyata bisa bikin pengajuan KPR/KPA ditolak. Apa aja yang profesi yang dihindari bank?

  1. Polisi
  2. Politisi / Pejabat Pemerintah
  3. Pengacara
  4. Artis

Hmm, kenapa ya kok profesi-profesi di atas dihindari? Hal tersebut biasanya terkait dengan resiko pemanfaatan kekuasaan, jabatan, dan perlawanan hukum. Sedangkan untuk artis kan biasanya ada ‘masa’nya.

Tapi saya juga ga tau persis ya, kalo seperti artis, pejabat pemerintah, atau politisi sekelas anggota DPR sih ga perlu KPR juga uda bisa beli rumah gedong tunai, apalagi yang korupnya bejibun tuh, rumah haram segede apa juga kebeli lah. Tapi yang kesian kalo polisi atau pengacara yang masih baru2 gitu, atau politisi yang cuma kelas DPRD tingkat 2. Tapi semoga kalo masih susah ga ketularan bos/senior nya yang korup/curang ya pak polisi, pak politisi, dan pak pengacara.

Nah, buat temen-temenku yang cewek, diliat-liat dulu yah kalo mau pilih suami. Kalo pacarnya sekarang berprofesi seperti di atas gimana? Perlu dipertimbangkan lagi apa ngga? Numpang di rumah orang tua / mertua kalo uda nikah tuh ga enak lho, ga bisa bebas berekspresi! *LoL* *justkidding*😀

About dinipus

a big, big, big dreamer

Posted on November 3, 2011, in Finance. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. nongky sibarani

    good article din..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: