Baked Macaroni Bolognese

Hehehe.. Gw ga tau sih apa resep ini lumrah ato ngga. Awalnya mau bikin macaroni schotel, tapi berhubung ada beberapa bahan yang kurang, dan karena gw masih punya sisa saus bolognese di kulkas, tiba2 kepikiran macaroni-nya dipanggang pake saus bolognese aja kali ya.. Coba deh diintip resepnya :

Bahan :
200 gr macaroni elbow
4 lembar smoked beef, cincang
50 gr gravy daging sapi
4 sdm pasta tomat
3 siung bawang putih, cincang
1 siung bawang bombay uk kecil, cincang
3 buah tomat, blender
1 butir telur, kocok lepas
300 ml susu cair
20 gr unsalted butter
3 sdm minyak sayur
30 gr keju cheddar, parut
Garam, gula, merica,oregano secukupnya
*parmesan cheese secukupnya untuk taburan (optional)

Cara memasak :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan mentega hingga harum
2. Masukkan gravy daging & smoked beef
3. Masukkan tomat dan pasta tomat
4. Tambahkan gula, garam, lada, dan terakhir oregano, lalu matikan api, biarkan agak dingin
5. Preheat oven pada suhu 130 drjt celcius
6. Rebus macaroni dalam air yang sudah diberi minyak sayur hingga setengah matang (tidak terlalu mengembang), tiriskan, sisihkan
7. Setelah saus bolognese agak dingin, masukkan susu cair, telur, dan keju cheddar parut, aduk hingga merata
8. Masukkan macaroni ke dalam saus, campur hingga merata
9. Masukkan dalam pinggan tahan panas atau kemasan aluminium foil, berikan ekstra saus di bagian atas
10. Panggang selama 40 menit
11. Setelah matang, taburi keju parmesan sesuai selera

*tips :
– Jika suka tektur yang lembut dapat memanggang dengan teknik au bain marie (taruh pinggan berisi macaroni di atas pinggan yg lebih besar yg diisi air), waktu memanggang boleh ditambah +/- 10 menit
– Saya lebih suka menggunakan pemanas atas & bawah sekaligus, namun untuk menghindari bagian atasnya gosong, tutup pinggan dengan aluminium foil

Beginilaaaah penampakannya!

image

Kata suamiku rasanya enaaaak bangeeeet! Yeay! Sayangnya Ai ga bisa ikut ngicipin, tapi janji deh tar kalo uda 9bulan Ai bakal dimasakin yg no gulgarlada *janji*😉. Dicoba deh yaa, dijamin endyaaaaang…. :p

About dinipus

a big, big, big dreamer

Posted on September 22, 2013, in Cooking and Baking and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: