Buku Sakti Tukang Masak

Sejak nge-kos di Malang, gw suka sekali masak. Awalnya bener2 starts from scratch ya. Bahkan dulu tu gw ga berani pegang ikan dan segala seafood mentah, ngupas udang pun ga bisa. Inget pertama kali beli udang minta dikupasin sama sahabat gw Atikah. But time is the best teacher, apalagi setelah nikah dan gw tinggal di rumah sendiri (dan bener2 banyakan sendirinya *malahcurcol)😀.

Sekarang gw uda punya buntut dong, dan makin getol masak sejak anak gw mulai MPASI (6 bulan). Meskipun gw bukan stay at home mom (SAHM), selain komitmen terusin ASI no sufor, gw jg selalu berusaha siapin homemade food buat Ai dan menghindari makanan instan. Tiap pagi gw masakin, jadi pas gw pergi pengasuh tinggal angetin dan suapin Ai. Pas masi under 1 yo sih cenderung gampang ya siapinnya, dan Ai maemnya juga pinter. Nah sekarang ini dia makannya makin angot2an krn uda makin aktif. Gw pun kudu cari banyak ide masak ya. *fiuuhh*

image

Karena Ai uda bole dikenalkan dengan makanan keluarga, gw pun suka eksperimen dengan aneka ragam masakan mulai dr soto, semur, lodeh, opor dll. Bingung karena kehabisan ide kreatif, gw mulai cari “kitab” pegangan lain. Dulu gw punya buku pertama dari komunitas MPASI Rumahan, dr.Tiwi, dan 365 hari resep MPASI. Ilmu2nya guna banget yaa.. Trus gw juga akhirnya beli 1 lagi buku dr milis 99+ resep yang akhirnya jadi fave book gw karena isinya menu2 kreatif hasil tantangan MKH.

image

Selain itu gw juga lumayan suka baking, meskipun ga bisa dibilang jago dan belom konsisten latihan (karena sangat tergantung mood). Buku baking gw mayan banyak, tapi ada 1 yg paling sering gw buka yaitu buku resep cake sehat enak alami dari Pak Wied Harry. Blio menekankan bahwa cake dengan pengembang & pewarna makanan itu ngga sehat. Selain itu disertai juga informasi ttg risiko gluten pada terigu & solusi utk mengurangi bahkan meniadakan terigu dlm cake. Suka banget buku ini, bahkan ada juga resep healthy rainbow cake dgn pewarna2 alami seperti sari daun suji/sawi utk warna hijau, sari angkak/bit utk warna merah, dll. Keren kaan? Yuk semangat tos sutil, kibarkan celemek!

About dinipus

a big, big, big dreamer

Posted on March 25, 2014, in Book/Movie Review, Cooking and Baking and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

