Tentang Pilpres

Dulu di awal-awal penetapan pasangan capres-cawapres, saya memang pernah 1-2 kali posting mengenai kabar2 pilpres di media sosial, mengapa begini-begitu. Lalu saya berubah, sejak saya tau gempuran pro-kontra begitu nyata, dan melalui perenungan hari demi hari saya berubah sikap untuk menghindari komentar yg berpotensi untuk diserang, dan tidak pula menyerang. Dan saya menentang segala bentuk postingan negatif.

Berikut ini poin-poin hasil renungan saya :
1. Saya tak 100% tak setuju dengan pilihan saya, pun saya tak 100% tak setuju dengan yg tak saya pilih
2. Di negara dengan struktur demokrasi seperti ini, nasib kita tak melulu ditentukan oleh presiden. Yang penting kita tetap bisa cari nafkah dengan aman.
3. Siapapun pemenangnya, jangan harap semua impian tentang capres idola segera terwujud seperti membalik telapak tangan. We may dream high, but please not too high.

Seorang kawan saya menulis cukup bagus mengenai memilih karena benci. Saya pilih si A karena saya ga suka si B begini-begitu. Bukan memilih berdasarkan rancangan visi misi terbaik dari yang baik-baik. Lalu saya berfikir lebih lanjut, apa jadinya kalau yang terpilih nantinya si B? Tentu saya dan pendukung2 A yang lain akan relatif resisten terhadap B. Ini yang bahaya, pendukung kalah yang marah.

Maka yang patut dikhawatirkan adalah, hidup bangsa ini justru bisa jadi berubah 180° jika pemerintah terpilih kemudian tak didukung, banyak friksi dari pihak yang “kalah” sehingga memicu ketidakstabilan politik. Itu jauh lebih membahayakan bangsa daripada sekedar “jagoan” kita tak terpilih.

Mari kita tegakkan kampanye adem, demi nusa bangsa dan tetap kukuhnya persaudaraan kita semua.

Surabaya, 29 Juni 2014
Birthday wisdom :p

About dinipus

a big, big, big dreamer

Posted on June 30, 2014, in Personal and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Yg ptg bukan resistif… Legowo

Leave a Reply

